Senin, 20 Oktober 2025

Musrenbang di Kapuas Soroti Layanan BPJS, Warga Keluhkan Klaim hingga Akses IGD

A+A-
Reset

Kuala Kapuas, kaltengtimes.co.id – Layanan dan fasilitas BPJS Kesehatan menjadi salah satu isu utama yang dikeluhkan masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan di Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas.

“Masyarakat menyoroti lambatnya proses pengajuan dan klaim, minimnya sosialisasi manfaat BPJS, serta akses layanan kesehatan yang belum optimal,” kata anggota DPRD Kapuas, Saferaniansyah, Sabtu (11/1/2025).

Keluhan lain yang disampaikan antara lain terkait pelayanan di fasilitas kesehatan, termasuk IGD RSUD dr. H. Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, dan terbatasnya tenaga medis.
“Kalau masuk IGD tapi tidak sakit berat dan tidak menginap, pasien tidak ditanggung BPJS, melainkan pasien umum. Ini yang dikeluhkan masyarakat,” ujarnya.

Legislator PAN dari Dapil Kapuas I ini menilai aturan tersebut mempersulit peserta BPJS yang ingin mendapatkan pelayanan gratis. Ia mengaku prihatin dan berkomitmen membawa aspirasi ini ke rapat DPRD serta menjembatani dialog antara BPJS dan pemerintah daerah.

“Keluhan ini mencerminkan perlunya perbaikan sistem, baik manajemen BPJS maupun koordinasi dengan fasilitas kesehatan,” tegasnya.

Saferaniansyah juga mendorong pemerintah daerah meningkatkan pengawasan dan melakukan evaluasi berkala terhadap kinerja fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS. (red)

Berita Terkait