PALANGKA RAYA. Kaltengtimes.co.id — Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov Kalteng Aryawan buka Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Pemerintah Desa Tahun 2024, di Kalawa Convention Hall Palangka Raya, Selasa (22/10/24).
Saat membacakan sambutan Sekretaris Daerah, Aryawan mengatakan rakor ini mengangkat tema “Implementasi SIPADES versi 3.0 serta Pemanfaatan Aset Desa dalam rangka Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui Bidang Usaha Unggulan Desa”. “SIPADES (Sistem Informasi Pengelolaan Aset Desa) adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu Pemerintah Desa dalam administrasi dan inventaris aset desa. SIPADES bertujuan untuk menertibkan pengelolaan aset desa, mengurangi risiko kehilangan, dan mempermudah pelaporan kekayaan desa,” jelasnya.
“Saya berharap melalui forum strategis ini para peserta muncul komunikasi aktif dengan narasumber sehingga menghasilkan gagasan kreatif dan langkah strategis, yang nantinya dapat diimplementasikan untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik guna mewujudkan Desa yang mandiri, maju, makmur, dan sejahtera,” pungkasnya.
Sementara itu Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov Kalteng Bernie Saputra menyampaikan rakor ini bertujuan untuk mendorong Pemerintah Desa agar mampu mengelola aset secara produktif dan memberikan sumbangan terhadap pendapatan desa; dan mendorong desa agar mampu menatakelolakan aset dengan efektif dan efisien melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Turut hadir para narasumber dari Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa Kemendagri RI, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Prov Kalteng, dan Universitas Palangka Raya.
Hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten/Kota se-Kalteng, Koordinator Provinsi Tenaga Pendamping Desa – Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP-P3MD), Provincial Coordinator Regional Management Consultant (RMC) Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa, serta seluruh Kepala Desa se-Kalteng. (red)