UPT Puskesmas Panamas Gelar Lokmin Lintas Sektor Bidang Kesehatan

0

UPT Puskesmas Panamas saat menggelar Lokmin Lintas Sektor Bidang Kesehatan. (Ist)

KUALA KAPUAS, kaltengtimes.co.id – UPT Puskesmas Panamas gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor Bidang Kesehatan yang di ikuti sekitar 50 peserta dari unsur masyarakat umum di wilayah kerja UPT Puskesmas Panamas , Rabu (23/11).

Giat tersebut di buka langsung oleh Camat Selat yang diwakili oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Nurkayani. Selain itu hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Selat, Perwakilan Kadis Kesehatan Kabupaten Kapuas, Lurah Panamas M. Noor, Lurah Murung Keramat, Bhabinkamtibmas Panamas Aipda Rizal dan Babinsa Panamas Serka M. Safi’i.

Dalam paparannya Plt. Kepala UPT. Puskesmas Panamas dr. Ujang Fauzan Zaini menyampaikan bahwa wilayah kerja mereka cukup luas yaitu meliputi Kelurahan Panamas dan Kelurahan Murung Kerabat dengan total jumlah penduduk 5.625 jiwa.

BACA JUGA :  Bupati Kapuas Pimpin Rakor Percepatan Vaksinasi

Dengan kondisi musim yang tidak menentu belakangan ini yang menyebabkan banyaknya warga yang mengalami batuk dan filek, ini dimungkinan karena virus akan tetapi perlu pemeriksaan lanjutan untuk memastikan apakah itu jenis batuk dan flu biasa atau tidak. Terlepas dari itu kita terus melakukan edukasi dan sosialisasi tentang prikaku bersih dan hidup sehat rangka menumbuhkan immun dalam tubuh. “Terang dr. Ujang.

Di kesempatan tersebut pihak UPT. Puskesmas Panamas menyerahkan data kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya termasuk seluruh program baik yang telah dilaksanakan serta tingkat pencapaian dari pelaksanaan program-program tersebut kepada Camat Selat yang diterima langsung oleh Kasi PMD Nurkayani, Lurah Panamas dan kepada Lurah Murung Keramat.

BACA JUGA :  Pemkab Kapuas Apresiasi Pembagian Minyak Goreng dan Vaksinasi Polres Kapuas

Dari data yang disampaikan, dalam triwulan ke III di dua Kelurahan yang menjadi wilayah kerja UPT. Puskesmas Panamas ini tidak terdapat penderita Malaria dan Demam Berdarah (DBD) meski dibeberapa daerah lain kita tahu belakangan ini terdapat peningkatan, disamping itu dari upaya-upaya yang telah dilaksanakan dalam penanganan Stunting menjadikan kasus Stunting dapat tekan sehingga penurunan kasusnya cukup signifikan.

Data Vaksinasi covid 19 oleh UPT Puskesmas ini untuk Dosis pertama mencapai 4.350 orang, sedangkan untuk dosis kedua sebanyak 4.580 orang, dosis ke tiga sebanyak 1.847 orang (47%) dan dosis ke empat bagi tenaga kesehatan telah mencapai mendekati 100%.

Dari Survei Mawas Diri (SMD) untuk menjaring pernasalahan yang ada di masyarakat dalam kaitannya dengan kesehatan. Diketahui bahwa Faktor dengan prosentase tertinggi yang mempengaruhi tingkat atau derajat kesehatan di masyarakat sesuai dengan urutan prioritas masalah adalah faktor Kesehatan Ibu dan Anak, KB, Gizi dan Immunisasi yaitu 86,43%.

BACA JUGA :  Turnamen Tenis Lapangan Dandim Cup 2022 Resmi Digelar

Sementara itu Camat Selat melalui Kasi PMD Nurkayani menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Lokmin ini serta atas program dan capaian UPT Puskesmas Panamas.Ia juga berharap agar layanan kesehatan untuk terus ditingkatkan. (Nas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini