MES Kalteng “Coffee Morning” Perdana di Halaman Masjid Raya Darussalam

0
27

Palangka Raya, kaltengtimes.co.id-Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar agenda “Coffee Morning” perdana yang dilakukan secara offline terbatas pembicara di halaman Masjid Raya Darussalam, Palangka Raya dan untuk peserta secara online via zoom meeting, Sabtu (11/9).

Dedy Irawan, SH selaku kesekretariatan MES Kalteng menyampaikan bahwa agenda “Coffee Morning” ini adalah bagian dari acara santai tapi serius yang membahas isu dan solusi dari berbagai pihak yang difasilitasi oleh MES. Dan menurut Dedy, pada agenda perdana ini, temanya “Pembinaan Ekonomi Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) dan Sertifikasi Produk Halal” dengan menghadirkan pembicara yaitu dari MUI Kalteng/Ketua Dewan Pakar MES Kalteng, Drs. KH Chairuddin Halim, Ketua Satgas Sehati Kementerian Agama Wilayah Kalteng, H. Fahrudin, S.Ag., M.AP, Kepala Dinas Pendagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng/Anggota Dewan Pakar MES Kalteng, Hj. Aster Bonawaty, SH, MH, Ketua II MES Kalteng, Dr. Sabian Utsman, SH, M.Si, dan pelaku UMKM Heni Wijiastuti/Berkat Uhat Kayu yang telah mendapatkan sertifikasi halal.

BACA JUGA :  K3 Dapat Melindungi Kecelakaan dan Menjamin Tenaga Kerja Mendapatkan Perlindungan Keselamatan nya

Acara yang dilakukan sejak pagi pukul 06.00 – 07.30 ini sangat bermanfaat dan menjadi bagian dari upaya untuk membantu UMKM yang memerlukan sertifikasi produk halal menurut mantan aktivis HMI IAIN Palangka Raya ini.

Para pembicara menyampaikan mengenai urgensi dan cara mendapatkan sertifikasi produk halal tersebut bagi UMKM. Saat ini banyak negara yang menjadikan syarat standar bagi pelaku UMKM/IKM yang akan melakukan ekspor produk yaitu harus memenuhi syarat tersertifikasi produk halal. Karena itu menjadi tantangan bagi para pihak untuk bisa membantu UMKM khususnya di Kalteng mendapatkan sertifikasi produk halal tersebut.

Heni Wijiastuti yang merupakan seorang pelaku UMKM yang bergerak dibidang kopi dan produk lainnya dengan nama produk Berkat Uhat Kayu ini menyampaikan harapannya terus ada pembinaan dan banyak UMKM mendapatkan sertifikasi produk halal dengan mudah ungkap Dedy.

BACA JUGA :  Sekda Kalteng Berharap Kabupaten/ Kota Dapat Menyusun GDPK Menjadi 5 Pilar

Sementara itu, Ketua Umum MES Kalteng, Fahrizal Fitri, S.Hut, M.P menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak untuk terus bersama-sama membantu UMKM agar mendapatkan sertifikasi produk halal dan berharap kegiatan Coffee Morning ini akan terus dilakukan sebagai upaya edukasi dan literasi ekonomi syariah bagi masyarakat di Kalimantan Tengah. Ist

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here