Palangka Raya, kaltengtimes.co.id-BRI Cabang Palangka Raya terus melakukan pengembangan bisnis. Selain Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan QRIS, saat ini yang lagi trend adalah pengembangan bisnis BRILink.
Pantauan media ini, menjadi agen BRIlink tidak hanya dilakukan oleh pedagang sembako yang berada di kawasan Pasar Palangka Raya, melainkan juga di lokasi jalan-jalan yang ada di Kota Palangka Raya seperti di Jalan G Obos, Jalan Raya Galaxi, Jalan Fatimura, Jalan Temunggung Tilung hingga di kawasan Kelurahan Panarung seperti di Jalan Janah Jari.
Dalam mengembangkan usaha berbasis digital ini, para pelaku usaha memanfaatkan rumah toko yang berada di pinggir jalan strategis untuk menjadi agen BRIlink.
Sebagai agen BRIlink ini banyak manfaat yang didapat seperti bermacam transaksi jual beli, kemudian menarik uang, setor uang, dan transaksi lainnya. Bahkan di sejumlah agen BRILink juga terdapat ATM Mini untuk mempermudah layanan kepada masyarakat.
Salah seorang agen BRIlink di Pasar Besar Palangka Raya, mengaku senang menjadi agen BRILink. “BRIlink ini cukup memudahkan dalam transaksi jual beli khususnya bagi warga yang ingin membeli secara online. Selain itu ada juga warga yang ingin mentransfer uang,” kata Wahidah, salah seorang agen BRILink, beberapa waktu lalu.
Sementara itu saat dimintai tanggapannya, Pemimpin Cabang BRI Palangka Raya Bobby Bayu Nurzaman melalui manager operasional BRI Cabang Palangka Raya Ariston tidak memungkiri jika konsep BRIlink ini diminati oleh masyarakat. “Konsepnya memang tarik setor dan transaksi lainnya seperti membayar rekening listrik, telepon, beli pulsa, serta transfer antar bank. Perkembangannya juga cukup pesat di Kota Palangka Raya, bahkan agennya terus bertambah,” kata Ariston saat ditemui, belum lama ini.
Ariston mengatakan, di BRI Cabang Palangka Raya sendiri ada tujuh pembina agen Brilink (PAB). Mereka bertugas melakukan akuisisi, kemudian membina, serta mengedukasi para pelaku usaha yang eksited menjadi nasabah BRILink.
Ariston menambahkan, PAB bukan hanya melakukan pembinaan di wilayah perkotaan saja melainkan juga mencari pelaku usaha yang tertarik menggunakan BRIlink sampai ke wilayah pelosok.
Sebagaimana yang dilakukan oleh Anwar, salah satu petugas agen BRILink BRI Cabang Palangka Raya.
Anwar kepada media ini, mengatakan, dia bersama tim melakukan pengembangan BRILink ke Desa Pegatan, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan. “Akses satu-satunya yang bisa digunakan adalah transportasi air yakni sejenis perahu motor. Tujuan ke sana yakni membantu membangkitkan UMKM yang ada di daerah pelosok khususnya di tengah pandemi Covid-19,” kata Anwar kala itu.
Anwar bersama tim juga memasang Very Small Aperture Terminal (V Sat) khusus BRI untuk memudahkan jaringan para nasabah UMKM yang bekerja sama dengan BRI Link.
Cara Kerja Agen BRIlink
Mengutip situs Lifepal, berikut ilustrasi cara kerja agen BRILink yang digambarkan saat seorang warga ingin mentransfer uang ke seseorang dengan jumlah Rp500 ribu. Namun, dia tidak punya rekening atau kartu ATM. Kebetulan, tetangganya adalah seorang agen BRILink.
Warga tersebut kemudian meminta bantuan untuk melakukan transfer uang menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) mini ATM BRI.
Agen BRIlink dapat menetapkan biaya jasa, misalnya Rp5.000 per transaksi, sehingga warga tersebut harus memberikan dana kepada Agen BRILink sebesar Rp505.000.
Keuntungan agen Brilink adalah biaya jasa yang dalam hal ini sebesar Rp5.000. Dari Rp5.000 tadi, jika ada 20 transaksi, maka agen BRIlink bisa memperoleh penghasilan hingga Rp100 ribu.
Adapun pilihan produk layanan dan fasilitas yang disediakan BRI kepada Agen BRILink untuk transaksi, antara lain, Lakupandai di mana layanan ini adalah bagian dari keagenan BRILink yang mana agen bisa menyediakan berbagai layanan transaksi perbankan, tetapi tidak melalui jaringan BRI.
Fasilitas yang diberikan BRI untuk layanan Lakupandai, antara lain fitur Cash In dan Cash Out, Report, setoran uang, tarik tunai, isi ulang pulsa, dan belanja di merchant pilihan.
Kemudian T-Bank, T-Bank adalah layanan keuangan berbasis digital yang menggunakan server milik BRI. Agen cukup menggunakan nomor ponsel yang kemudian didaftarkan sebagai nomor rekening.
Fasilitas yang tersedia untuk produk BRILink ini adalah setoran tabungan, setoran pinjaman, ataupun tarik tunai.
Selain itu ada pula mini ATM BRI, Fitur ini memungkinkan agen BRILink untuk melakukan transaksi nontunai menggunakan mesin EDC miniATM BRI.
Fitur yang disediakan, antara lain registrasi mobile banking dan internet banking, transfer uang, pembayaran tagihan, isi ulang pulsa, dan setor tunai. and